Tuesday, October 22, 2024

LAPORAN LOKAKARYA CGP ANGKATAN 11

 


LAPORAN

LOKAKARYA 4

 

 

PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

ANGKATAN XI KOTA PAGAR ALAM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BALAI BESAR GURU PENGGERAK / BALAI GURU PENGEGRAK KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI 2024



A.  
LATAR BELAKANG

 

Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan dua metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.

Model pembelajaran yang tertuang adalah menggunakan metode pelatihan dalam jaringan atau belajar daring, lokakarya, dan pendampingan individu.

Terdiri dari 70% pengajar bekerja di sekolah, 20% bersama sesama pengajar, dan 10% bersama narasumber, fasilitator, dan pengajar praktik. Pendampingan dilakukan secara individu di sekolah CGP dan pendampingan kelompok melalui kegiatan lokakarya. Pendampingan individu bertujuan untuk membantu CGP menerapkan hasil pembelajaran daring sehingga CGP mampu:

a.      mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;

b.      memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; dan

c.       merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

Sedangkan pendampingan melalui lokakarya bertujuan untuk:

a.      meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya;

b.      menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten/kota;

c.       menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP; dan

d.      meningkatkan    keterlibatan    pemangku    kepentingan    di    tingkat    sekolah dan kabupaten/kota.

Laporan pelaksanaan pendampingan Individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak dilaksanakan dengan baik dan terarah, maka perlu dilakukan fungsi kontrol sebagai bahan laporan yang akan digunakan oleh BBGP/BGP sebagai bentuk pertanggung jawaban aktivitas pendampingan individu dan lokakarya.

 

B.  
TUJUAN

Tujuan kegiatan lokakarya 4 dalah sebagai berikut:

1.       Peserta mampu menunjukkan kemampuaan coahing yang dimilikinya

2.       Peserta mampu mengidentifikasi kekuatan, area pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid

3.       Peserta mampu menunjukkan kemampuan melakukan rangkaian supervisi akademik dengan menggunakan pola piker coaching

 

 

C.   
INDIKATOR KEBERHASILAN

Indikator keberhasilan dari kegiatan lokakarya 4 adalah sebagai berikut:

1.       Peserta mampu menampilkan kemampuan coaching pada rekan sejawatnya menggunakan alur percakapan TIRTA

2.       Peserta mampu menampilkan kemampuan melakukan supervisi akademik dengan pola pikir coaching

3.       Peserta mampu menghasilkan rencana pengembangan diri berdasarkan praktik supervisi akademik

 

 

D.  
SASARAN

 

Sasaran pelaksanaan lokakarya 4 program PGP adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan lokakarya orientasi, adalah sebagai berikut:

Sesi pagi – siang :

49 calon guru penggerak

 

 

E.   
PELAKSANAAN

 

Pelaksanan lokakarya 4 di Kota Pagar Alam , Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan secara tatap muka (luring) pada tanggal 20 Oktober 2024

 

No

Tempat

Alamat

Kab./Kota

Provinsi

 

1.

 

SD NEGERI 7

PAGAR ALAM

Jl. Kopral Cekwan Kel. Beringin Jaya Kec. Pagar alam

Utara

 

PAGAR ALAM

 

SUMATERA SELATAN

 

F.   
PIHAK TERKAIT

 

Pihak yang terkait pada pelaksanaan lokakarya 4 adalah sebagai berikut:

No

Nama

Jabatan

Satker

Keterangan

1.

Pegawai BGP

Pegawai BGP

BGP Sumatera

Selatan

 

2.

Erly Purnawan, S.Pd.M.Pd.

Kasi PTK Dikdas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kota Pagar Alam

 

3.

Suparni, S.Pd

Kepala Sekolah

SD Negeri 7 Pagar Alam

 

 

 

G.  
DESKRIPSI PELAKSANAAN PENDAMPINGAN

 

Kegiatan Lokakarya 4 dilakukan secara luring. Lokakarya terbagi ke dalam beberapa sesi dengan beberapa focus pendampingan, antara lain;

1)     Ice breaking yang dilakukan secara Bersama di lapangan SD Negeri 07

2)     Kemudian pembagian kelas yang dibagi menjadi kelas A, B, C, dan D

3)    setelah kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan Pengajar Praktik. Selanjutnya tahapan aktivitas kegiatan Lokakarya 4 ini secara umum dibagi ke dalam beberapa sesi yaitu:

a.      Penjelasan Tujuan dan Pembuatan Kesepakatan Belajar

b.      Pengajar Praktik melakukan pembukaan dan selanjutnya memaparkan dan menjelaskan tujuan lokakarya 4 dan kesepakatan – kesepakatan belajar selama pelaksanaan Lokakarya 4.

c.       Reviuw Materi dan Refleksi Pengalaman Coaching

d.      Pada sesi ini Calon Guru Penggerak menjelaskan pemahaman yang diperolehnya dari materi modul Coaching. Serta Calon Guru Penggerak merefleksikan pengalaman praktik coaching yang sudah dilakukannya.

e.      Praktik Coaching

f.        Calon Guru Penggerak menunjukkan kemampuan coaching berbasis TIRTA kepada Calon Guru Penggerak lain.

g.      Istirahat

h.      Umpan Balik Praktik Coaching

i.        Calon Guru Penggerak mampu pengalaman praktik coaching yang dilakukan sebelumnya.

j.        Praktik Rangkaian Supervisi Akademik dengan Pola Pikir Coaching

k.      Pada sesi ini diharapkan Peserta mampu mengidentifikasi kekuatan, area pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid. Serta Peserta mampu menampilkan kemampuan memberikan feedback berbasis coaching untuk diskusi supervisi akademik.

l.        Penutupan

m.   Pada sesi penutup para Calon Guru Penggerak diharapkan dapat mengingat kembali materi yang diajarkan, kemudian mereka dapat mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya yang berlangsung. Serta Calon Guru Penggerak dapat mengetahui  tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya.

n.      Adapun tahapan pada sesi ini adalah :

·         Refleksi Hasil Belajar

·         Foto bersama.

 

H.  
EVALUASI

 

Evaluasi yang dilakukan pada pelaksanaan lokakarya 4 ini adalah,

a.      Permasalahan yang muncul

Lokakarya berjalan dengan lancar, semua peserta juga berperan aktif dan antusias..

b.      Rekomendasi dan saran dari Pengajar Praktik

Tempat yang dipilih sudah cukup memadai, namun saya merasa bahwa kelas yang lebih kondusif akan jauh lebih baik.

 

 

I.      
PENUTUP

 

Laporan pelaksanaan lokakarya 4 ini diharapkan menjadi bahan informasi untuk evaluasi dan control pelaksanaan pendampingan individu maupun lokakarya Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Informasi yang didapatkan merupakan bahan tindak lanjut bagi pemangku kebijakan, penyelenggara serta pihak-pihak lain untuk tercapainya tujuan dari program.

 


J. LAMPIRAN

 

1.      Produk lokakarya 4

2.      Scan daftar hadir lokakarya 4

3.      Foto kegiatan lokakarya 4

4.      Scan dokumen pendukung lain (Surat Keterangan tidak hadir, dll)

 

 

 

 

 

DOKUMEN PRODUK CGP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR HADIR PENYAMAAN PERSEPSI

 

DAFTAR HADIR PENGAJAR PRAKTIK

 

DAFTAR HADIR CALON GURU PENGGERAK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMEN LOKAKARYA 4

 

Hari/Tanggal             : Minggu/20 Oktober 2024

Tempat                       : SD Negeri 7 Pagar Alam

Waktu                         : 07.30 – 15.30 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA CGP ANGKATAN 11

  LAPORAN LOKAKARYA 4     PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN X I KOTA PAGAR ALAM            ...