BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Penulisan Laporan PKM
Program pengajaran adalah suatu rencana
pelaksanaan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan
yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa
menguasai proses belajar dan hasil belajar yangoptimal.Peningkatan kualifikasi
pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar.
Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar
merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung
kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus
dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa
melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar lebih
efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan secara
profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi
perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu
proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan,
dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata
kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar
haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan
ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.
B. Tujuan
penulisan laporan pembelajaran PKM
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
1. Syarat
yang harus ditempuh dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) PGSD melalui
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2. Untuk
memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3. Untuk
menambah wawasan calon guru/guru dengan metode dan teknik – teknik mengajar
terkini yang sedang dilaksanakan.
4. Untuk
meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan efisien.
5. Untuk
meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.
C. Manfaat
Proses pembelajaran PKM ini telah banyak memberikan manfaat bagi
guru dan siswa.
Manfaat bagi guru adalah :
1.
Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan
berbagai pengetahuan dan pengalaman.
2.
Memperoleh pengetahuan dan pengalaman
melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
3.
Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu
yang dinamis, menarik dan menantang.
4.
Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan
kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta
melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
Manfaat bagi siswa adalah :
1.
Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu
yang dinamis, menarik dan menantang.
2.
Dalam kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan
masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran
dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan
selanjutnya.
D. Gambaran Umum
Isi Laporan
Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang
didapatkan setelah melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan,
kekuatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya.
Serta langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya
agar hasil pembelajaran bisa lebih baik.
E. Tempat
Pelaksanaan PKM
Tempat pelaksanaan PKM 2016
ini dilaksanakan di SD Negeri 32 Kota Pagar ALam yang dilaksanakan selama 3
minggu dibulan Oktober 2016.
F.
Waktu Pelaksanaan PKM
Kegiatan PKM
dilaksanakan di SD Negeri 32 Kota Pagar ALam mulai tanggal 05 Oktober 2016
sampai dengan 24 Oktober 2016
G.
Jadwal Kegiatan PKM
Tanggal
|
Praktek mengajar
|
Acara
|
05 Oktober 2016
|
RPP 1
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
10 Oktober 2016
|
RPP 2
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
12 Oktober 2016
|
RPP 3
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
13 Oktober 2016
|
RPP 4
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
14 Oktober 2016
|
RPP 5
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
15 Oktober 2016
|
RPP 6
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
17 Oktober 2016
|
RPP 7
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
19 Oktober 2016
|
RPP 8
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
20 Oktober 2016
|
RPP 9
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
24 Oktober 2016
|
RPP 10
|
Mahasiswa
Melaksanakan PKM Di SD
Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
|
BAB II
TEMUAN – TEMUAN DALAM
PEMBELAJARAN
A. Ulasan Pertemuan ke- 1
·
Praktek
Mengajar Mata Pelajaran Matematika
Pada hari Kamis tanggal
13 Oktober 2016, Pukul 08.00-09.30, dilakukan praktek mengajar Matematika di
kelas 4 yang diamati oleh Ibu Ita Kasmawati sebagia Supervisor 2 mata kuliah
PKM. Pada kegiatan pembuka, disampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa
diharapkan dapat memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan oprasi
hitungan bilangan, selanjutnya siswa diberi motivasi belajar agar siap
mengikuti pelajaran dengan cara meminta beberapa siswa untuk menyebutkan
beberapa perkalian bilangan positif, misalnya “Deri, salah satu siswa
menyebutkan 4 x 5 = 20, 3 x 3 = 9 “. Dalam kegiatan inti diberikan conto
perkalian bilangan positif dan bilangan negatif, setelah siswa memahami maateri
yang telah diberikan maka siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal latihan
yang telah disiapkan oleh guru, setelah selesai semua siswa mengumpulkan tugas
tersebut. Di akhir pelajaran guru mengevaluasi materi yang telah disampaikan
supaya siswa lebih memahamminya, setelah itu siswa diberi tugas untuk
dikerjakan dirumah.
Selama proses
pembelajaran, ada siswa yang memeperhatikan dengan serius dalam mengikuti
pelajaran akan tetapi ada beberapa siswa yang masih bermain waktu proses
belajar berlangsung, ada yang engobrol dengan teman sebangku. Suasana ini
memangsering terjadi karena ada siswa yang kurang senang dengan pelajaran
matematika. Tetapi ada hal yang unik salah satu siswa yang biasanya malas
belajar menjadi sedikit perhatian dan malah sering menengok kebelakang
memperhatikan supervisor 2 dan guru yang sedang praktek mengajar.
Dasar dalam menggunakan
metode tanyajawab dan latihan adalah agar siswa dapat lebih memahami tentang
materi yang telah saya sampaikan yaitu tentang oprasi hitung bilangan.
B. Ulasan
Pertemuan ke- 2
·
Praktek Mengajar Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia
Pada hari Rabu tanggal
19 Oktober 2016, Pukul 08.00-09.30, dilakukan praktek mengajar Bahasa Indonesia
di kelas 4 yang diamati oleh Ibu Ita Kasmawati sebagia Supervisor 2 mata kuliah
PKM. Pada kegiatan pembuka, disampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa
diharapkan dapat memberikan contoh percakapan dalam kehidupan sehari-hari,
selanjutnya siswa diberi motivasi belajar agar siap mengikuti pelajaran dengan
cara meminta dua siswa untuk memperaktekakan percakapan dalam kehidupan
sehari-hari, misalnya “ Rezi dan Reksen “ – Rezi : Pulang sekolah kita bareng
ya?, Reksen : iya, tapi kamu temenni saya menemui orang tua di sawah. Dalam kegiatan
inti diberikan Beberapa contoh percakapan supaya siswa lebih paham tentang
penggunaan tanda titik,koma, seru dan tanda tanya, setelah itu siswa dibuat
beberapa kelompok untuk membuat percakapan dikertas selembar, serta
masing-masing keompok mempraktekkan percakapannya di depan kelas. Di akhir
pelajaran guru mengevaluasi materi yang telah disampaikan supaya siswa lebih
memahamminya, setelah itu siswa diberi tugas untuk dikerjakan dirumah.
Selama proses
pembelajaran, ada siswa yang memeperhatikan dengan serius dalam mengikuti
pelajaran akan tetapi ada beberapa siswa yang masih bermain dan ada yang
engobrol terutama saat dibentuk beberapa keleompok. Suasana ini memangsering
terjadi karena saat dalam kelompok semua siswa ingin berbicara sendiri-sendiri.
Tetapi ada hal yang unik salah satu siswa yang pendiama dan malas belajar
menjadi sedikit aktif dan banyak bicara saat didalam kelompok membuat
percakapan.
Dasar dalam menggunakan metode tanyajawab,
kelompok/game dan latihan adalah agar siswa dapat lebih memahami tentang materi
yang telah saya sampaikan yaitu teks Petunjuk Penggunaan tanda baca.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya
lakukan adalah pada penataan alokasi waktu pembelajaran dan media pembelajaran
2.
Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah
kurangnya waktu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan juga karena
keterbatasan sarana dan prasarana
3.
Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya
lakukan dalam pemilihan media pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran serta
penguasaan materi pembelajaran
4.
Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah
karena media pembelajaran yang saya pergunakan dapat membantu siswa lebih cepat
memahami materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran juga sangat mendukung
keberhasilan proses pembelajaran serta penguasaan materi yang saya lakukan
menentukan keberhasilan proses pembelajaran
5.
Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan yang
ditemukan saat melakukan pembelajaran maka berbagai langkah perbaikan yang
telah di tempuh adalah dengan pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang
mampu mengendalikan kelas dan penataan kegiatan yang efektif diantaranya adalah
metode diskusi, demontrasi, tanya jawab, ceramah, inkuiri serta metode-metode
yang lainnya yang di pandang dapat menggugah keaktifan dan kreativitas siswa
dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan siswa aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
B. Saran
Secara garis besar hasil perbaikan pembelajaran yang telah
dilaksanakan sebaiknya :
1.
Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran
agar pencapaian penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.
2.
Penerapan metode yang digunakan harus
bervariasi, sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran
di kelas.
3.
Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar,
harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar
kekurangan-kekurangannya.
FORM KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA KULIAH PKM
PGSD
Kode
Mata Kuliah : PDGK 4209
Nama
Mahasiswa : HENGKI PURBAH
UPBJJ-UT :
18 / PALEMBANG
Masa
Ujian :
2016.2
No
|
Jenis Berkas
|
Target
|
Kelengkapan
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
|
1.
|
RPP
|
10
|
10
|
2.
|
Lembar Observasi
|
10
|
10
|
3.
|
Instrumen penilaian APKG 1
|
10
|
10
|
4.
|
Instrumen Penilaian APKG 2
|
10
|
10
|
5.
|
Refleksi
|
10
|
10
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SD Negeri 32 Pagar ALam
SUHARTATI,
S.Pd
NIP.
19630208 198605 2 001
|
Alam, Oktober 2016
Mahasiswa
HENGKI
PURBAH
NIM.
835862075
|
DAFTAR PUSTAKA
Modul
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PDGK-4209). TIM – FKIP UT
Buku
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga
Buku
Mata Pelajaran Matematika. Penerbit Erlangga
Buku
Mata Pelajaran IPS. Penerbit Erlangga
Buku
Mata Pelajaran IPA. Penerbit Erlangga
Buku
Mata Pelajaran PKn. Penerbit Erlangga
LAMPIRAN-LAMPIRAN
UNTUK FILE LENGKAP
DOWNLOAD
download; rpp; perangkat guu; silabus; penjas; pkn;pai; pendidikan agama islam; pjok; bahasa indonesia; ipa; ips; sbk; operator; guru; sk; contoh; sk operator; walikota; bupati; pendidikan; info; belajar; sd; sekolah dasar; smp; sergur; sertifikasi; info sertifikasi
No comments:
Post a Comment