Monday, April 10, 2017

LAPORAN PKM UNIVESITAS TERBUKA UT

BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Penulisan Laporan PKM
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yangoptimal.Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan secara profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.

B.     Tujuan penulisan laporan pembelajaran PKM
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
1.    Syarat yang harus ditempuh dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) PGSD melalui Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2.    Untuk memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3.    Untuk menambah wawasan calon guru/guru dengan metode dan teknik – teknik mengajar terkini yang sedang dilaksanakan.
4.    Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
5.    Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.

C.  Manfaat
Proses pembelajaran PKM ini telah banyak memberikan manfaat bagi guru dan siswa.
Manfaat bagi guru adalah :
1.      Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman.
2.       Memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
3.      Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
4.      Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
Manfaat bagi siswa adalah :
1.      Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
2.      Dalam kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.

D.     Gambaran Umum Isi Laporan
Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya. Serta langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran bisa lebih baik.

E.     Tempat Pelaksanaan PKM
Tempat pelaksanaan PKM 2016 ini dilaksanakan di SD Negeri 32 Kota Pagar ALam yang dilaksanakan selama 3 minggu dibulan Oktober 2016.

F.      Waktu Pelaksanaan PKM
Kegiatan PKM dilaksanakan di SD Negeri 32 Kota Pagar ALam mulai tanggal 05 Oktober 2016 sampai dengan 24 Oktober 2016

G.      Jadwal Kegiatan PKM


Tanggal
Praktek mengajar

Acara
05 Oktober 2016
RPP 1
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
10 Oktober 2016
RPP 2
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
12 Oktober 2016
RPP 3
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
13 Oktober 2016
RPP 4
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
14 Oktober 2016
RPP 5
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
15 Oktober 2016
RPP 6
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
17 Oktober 2016
RPP 7
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
19 Oktober 2016
RPP 8
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
20 Oktober 2016
RPP 9
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
24 Oktober 2016
RPP 10
Mahasiswa Melaksanakan PKM Di SD Negeri 32 Pagar Alam dengan Supervisor 2
BAB II
TEMUAN – TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

A.  Ulasan Pertemuan ke- 1
·         Praktek Mengajar Mata Pelajaran Matematika
Pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016, Pukul 08.00-09.30, dilakukan praktek mengajar Matematika di kelas 4 yang diamati oleh Ibu Ita Kasmawati sebagia Supervisor 2 mata kuliah PKM. Pada kegiatan pembuka, disampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa diharapkan dapat memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan oprasi hitungan bilangan, selanjutnya siswa diberi motivasi belajar agar siap mengikuti pelajaran dengan cara meminta beberapa siswa untuk menyebutkan beberapa perkalian bilangan positif, misalnya “Deri, salah satu siswa menyebutkan 4 x 5 = 20, 3 x 3 = 9 “. Dalam kegiatan inti diberikan conto perkalian bilangan positif dan bilangan negatif, setelah siswa memahami maateri yang telah diberikan maka siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal latihan yang telah disiapkan oleh guru, setelah selesai semua siswa mengumpulkan tugas tersebut. Di akhir pelajaran guru mengevaluasi materi yang telah disampaikan supaya siswa lebih memahamminya, setelah itu siswa diberi tugas untuk dikerjakan dirumah.

Selama proses pembelajaran, ada siswa yang memeperhatikan dengan serius dalam mengikuti pelajaran akan tetapi ada beberapa siswa yang masih bermain waktu proses belajar berlangsung, ada yang engobrol dengan teman sebangku. Suasana ini memangsering terjadi karena ada siswa yang kurang senang dengan pelajaran matematika. Tetapi ada hal yang unik salah satu siswa yang biasanya malas belajar menjadi sedikit perhatian dan malah sering menengok kebelakang memperhatikan supervisor 2 dan guru yang sedang praktek mengajar.

Dasar dalam menggunakan metode tanyajawab dan latihan adalah agar siswa dapat lebih memahami tentang materi yang telah saya sampaikan yaitu tentang oprasi hitung bilangan.
B.  Ulasan Pertemuan ke- 2
·         Praktek Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2016, Pukul 08.00-09.30, dilakukan praktek mengajar Bahasa Indonesia di kelas 4 yang diamati oleh Ibu Ita Kasmawati sebagia Supervisor 2 mata kuliah PKM. Pada kegiatan pembuka, disampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa diharapkan dapat memberikan contoh percakapan dalam kehidupan sehari-hari, selanjutnya siswa diberi motivasi belajar agar siap mengikuti pelajaran dengan cara meminta dua siswa untuk memperaktekakan percakapan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya “ Rezi dan Reksen “ – Rezi : Pulang sekolah kita bareng ya?, Reksen : iya, tapi kamu temenni saya menemui orang tua di sawah. Dalam kegiatan inti diberikan Beberapa contoh percakapan supaya siswa lebih paham tentang penggunaan tanda titik,koma, seru dan tanda tanya, setelah itu siswa dibuat beberapa kelompok untuk membuat percakapan dikertas selembar, serta masing-masing keompok mempraktekkan percakapannya di depan kelas. Di akhir pelajaran guru mengevaluasi materi yang telah disampaikan supaya siswa lebih memahamminya, setelah itu siswa diberi tugas untuk dikerjakan dirumah.


Selama proses pembelajaran, ada siswa yang memeperhatikan dengan serius dalam mengikuti pelajaran akan tetapi ada beberapa siswa yang masih bermain dan ada yang engobrol terutama saat dibentuk beberapa keleompok. Suasana ini memangsering terjadi karena saat dalam kelompok semua siswa ingin berbicara sendiri-sendiri. Tetapi ada hal yang unik salah satu siswa yang pendiama dan malas belajar menjadi sedikit aktif dan banyak bicara saat didalam kelompok membuat percakapan.

Dasar dalam menggunakan metode tanyajawab, kelompok/game dan latihan adalah agar siswa dapat lebih memahami tentang materi yang telah saya sampaikan yaitu teks Petunjuk Penggunaan tanda baca.



BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
1.        Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah pada penataan alokasi waktu pembelajaran dan media pembelajaran
2.        Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah kurangnya waktu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan juga karena keterbatasan sarana dan prasarana 
3.        Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan dalam pemilihan media pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran serta penguasaan materi pembelajaran
4.        Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah karena media pembelajaran yang saya pergunakan dapat membantu siswa lebih cepat memahami materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran juga sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran serta penguasaan materi yang saya lakukan menentukan keberhasilan proses pembelajaran
5.        Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan yang ditemukan saat melakukan pembelajaran maka berbagai langkah perbaikan yang telah di tempuh adalah dengan pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang mampu mengendalikan kelas dan penataan kegiatan yang efektif diantaranya adalah metode diskusi, demontrasi, tanya jawab, ceramah, inkuiri serta metode-metode yang lainnya yang di pandang dapat menggugah keaktifan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.

B.   Saran
Secara garis besar hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan sebaiknya  :
1.      Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran agar pencapaian penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.
2.      Penerapan metode yang digunakan harus bervariasi, sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas.
3.      Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar, harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar kekurangan-kekurangannya.
FORM KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA KULIAH PKM PGSD


Kode Mata Kuliah      : PDGK 4209
Nama Mahasiswa        : HENGKI PURBAH
UPBJJ-UT                   : 18 / PALEMBANG
Masa Ujian                  : 2016.2

No
Jenis Berkas
Target
Kelengkapan
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
1.
RPP
10
10
2.
Lembar Observasi
10
10
3.
Instrumen penilaian APKG 1
10
10
4.
Instrumen Penilaian APKG 2
10
10
5.
Refleksi
10
10
                                                                                                                    
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 32 Pagar ALam



SUHARTATI, S.Pd
NIP. 19630208 198605 2 001
Alam,       Oktober 2016
Mahasiswa



HENGKI PURBAH
NIM. 835862075




DAFTAR PUSTAKA

Modul Pemantapan Kemampuan Mengajar (PDGK-4209). TIM – FKIP UT
Buku Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga
Buku Mata Pelajaran Matematika. Penerbit Erlangga
Buku Mata Pelajaran IPS. Penerbit Erlangga
Buku Mata Pelajaran IPA. Penerbit Erlangga
Buku Mata Pelajaran PKn. Penerbit Erlangga


LAMPIRAN-LAMPIRAN


UNTUK FILE LENGKAP 

DOWNLOAD


download; rpp; perangkat guu; silabus; penjas; pkn;pai; pendidikan agama islam; pjok; bahasa indonesia; ipa; ips; sbk; operator; guru; sk; contoh; sk operator; walikota; bupati; pendidikan; info; belajar; sd; sekolah dasar; smp; sergur; sertifikasi; info sertifikasi


No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

MULAI DARI DIRI CPP A 11 PERTEMUAN KE 8

    1.     Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar ru...