KASUS
Ada salah satu
murid dikelas, setiap saya mengajar dan memberi materi, ada saja yang dia
lalukan untuk mengalihkan perhatian saya dan teman-temannya. Sehingga peroses
pembelajaran tergangu.
SKENARIO
Coachee |
: |
Ass,
Bu Nesia selamat siang |
Coach |
: |
Wa’alaikum
salam,.. Pak Hengki ada apa ya? |
Coachee |
: |
Saya
mau bicara dengan ibu Nesia, apakah ibu ada waktu? |
Coach |
: |
Mau
bicara apa Pak Hengki dengan senang hati, selalu ada waktu buat pak Hengki, |
Coachee |
: |
Ya bu
terimakasih. |
|
: |
Tujuan |
Coach |
: |
|
Coachee |
: |
|
Coach |
: |
Ada
apa Pak Hengki, samapai – sampai menemui saya. Apa ada yang bisa saya bantu? |
Coachee |
: |
Ya bu,
jadi gini saya ada sedikit permasalahan tentang pembelajaran yang saya hadapi
di kelas! |
Coach |
: |
Permasalahan
apa Pak Hengki coba jelaskan? |
Coachee |
: |
Saya kewalahan nih menghadapi salah satu
murid saya di kelas. Setiap saya sedang mengajar dan memberikan
materi, ada saja yang dia
lakukan untuk mengalihkan perhatian saya dan teman-temannya.
Sehingga peroses pembelajaran terganggu. |
Coach |
: |
Oh
jadi itu permasalahannya, baiklah pak Hengki saya akan mencoba membantu bapak
dari permaslahan ini! |
Coachee |
: |
Terimaksih
bannyak bu Nesia atas bantuannya |
Coach |
: |
Pak
Hengki, sekarang maunya bagaimana apa tujuan yang diharapkan dari percakapan
kita ini? |
Coachee |
: |
Saya
harap ibu bisa membantu saya mengatasi masalah saya, bisa memberikan saran
dan solusi dari permasalahan ini. |
Coach |
: |
Baik
pak, terus yang pak Hengki harapkan atau inginkan dari percakapan kita ini apa? |
Coachee |
: |
Yang
saya mau dan saya harapkan, setiap
saya mengajar murid-murid bisa nyaman, senang dan murid yang selalu mengalihkan perhatian saya
dan teman-temannya bisa fokus di setiap mengikuti pembelajaran. |
|
: |
Identifikasi |
Coach |
: |
Baik Pak Hengki. Apa yang dia lakukan untuk mengalihkan
perhatian Bapak
dan teman-temannya? Bisa diceritakan? |
Coachee |
: |
Begini
bu, saat saya memberi materi murid tersebut, menggangu teman sebangkunya,
memanggil teman lain tanpa ada keperluan, melaporkan teman lain denga
berdalih berbagai alasan, sebentar-sebentar permisi, memukul meja dan banyak
lainnya bu. |
Coach |
: |
Jadi itu yang dia lakukan. Lantas,
situasi ideal apa yang pak Hengki
inginkan? |
Coachee |
: |
Saya ingin murid saya ini bisa fokus
menyimak penjelasan saya pada saat saya mengajar dan kelas yang
nyaman. |
|
: |
Rencana
Aksi |
Coach |
: |
Jadi Pak Hengki ingin murid Bapak ini bisa fokus menyimak penjelasan Bapak pada saat Bapak mengajar. Supaya murid Bapak ini bisa fokus menyimak penjelasan Pak
Hengki pada saat Bapak mengajar, apa saja yang perlu Bapak lakukan? |
Coachee |
: |
Saya
akan merubah gaya, mencari metode-metode dan media pembelajaran yang lebih
menarik lagi supaya siswa itu bisa fokus dalam mengikuti pembelajaran yang
saya berikan, dan kalua masih belum berhasil,
Kemungkinan saya akan memanggil murid tersebut dan mengajaknya
berbicara secara terbuka apa ada alasan tertentu sehingga murid melakukan hal
tersebut. |
Coach |
: |
Nah
itu sudah bagus pak Hengki, dari pernyataan itu apa saja yang akan bapak
siapkan? |
Coachee |
: |
Saya
akan membuat media pembelajaran yang menarik berupa video pembelajaran, ppt,
dan gaya belajar yang berbede dari sebulumnya saya akam menggunakan
proyektor, laptop dan sound system dalam setipa pembelajaran saya |
Coach |
: |
Apa
Lagi pak Hengki? |
Coachee |
: |
Kalau
murid tersebut masih mengalihkan perhatian saya dan teman-temanya maka saya
akan memanggil murid tersebut dan mengajaknya berbicara secara terbuka apa
ada alasan tertentu sehingga murid melakukan hal tersebut. |
|
: |
Tanggung
Jawab |
Coach |
: |
Sudah
sangat bagus pak Hengki, jadi apa yang akan bapak lakukan setelah ini, kapan
pak Hengki akan memulainya? |
Coachee |
: |
Saya
akan melakukan kegiatan pembelajaran itu mulai besok bu, hari ini saya akan membuat
video pembelaran yang menarik dan dengan gaya atau metode yang berbeda.
Semoga murid tersebut ada perubahan. Kalua belum berhasil saya akam melakukan
rencana selanjutnya dengan memanggil siswa tersebut saya akan coba sentuh
hatinya. |
Coach |
: |
Super sekali
Pak Hengki, dari semua yang pak hengki
jelaskan apa indicator keberhasilan bapak dari permasalahan ini? |
Coach |
: |
Super
sekali bapak ini saya sangat mendukung Pak Hengki, memang terkadang itu perlu
disentuh hatinya, Baik lah pak Hengki semoga rencana bapak berjalan dengan
baik dan murid itu bisa mengikuti pembelajaran bapak dengan semangat dan
nyaman. |
Coachee |
: |
Terima
kasih banyak bu Nesia atas bantuan dan solusinya. |
Coach |
: |
Sama-sama
pak Hengki, sudah cukup pak Hegki apa masih ada lagi? |
Coachee |
: |
Tidak
ada bu |
Coach |
: |
Bail
lah pak Hengki kala tidak ada lagi mari kita pulang. |
Nama : Hengki Purba
Instansi : SD Negeri 32 Pagar Alam
CGP : Angkatan 6 Kota Pagar Alam
No comments:
Post a Comment