Thursday, December 1, 2022

MULAI DARI DIRI MODUL 2.3

COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK


Selama menjadi guru, tentu saja pembelajaran yang saya lakukan pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah. Bagaimana perasaan anda Ketika diobservasi?

jawaban : Perasaan saya ketika disupervisi atau diobservasi yaitu sedikit gugup, tetapi lebih ke arah senang. Dengan disupervisi, membantu saya meningkatkan kinerja saya dengan diberikannya saran dan kritik membangun terkait pengelolaan kelas, penyampaian materi, dan kegiatan yang saya dan murid saya lakukan selama pembelajaran di kelas

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.?

Jawaban : Pengalaman saat diobservasi yaitu saya melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah saya susun. Kepala sekolah meneliti dan memeriksa apakah pembelajaran yang saya lakukan sesuai dengan RPP yang saya susun. Kegiatan pasca observasi yaitu kepala sekolah memberikan saran dan kritik yang membangun agar RPP dan pembelajaran yang saya lakukan lebih baik lagi ke depannya.

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Jawaban : Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Saya berkembang sebagai seorang pendidik, antara lain: Supervisor bersikap terbuka, memahami kondisi di kelas, dan memberikan evaluasi. Supervisi dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan. Supervisi tidak bertujuan untuk mencari kesalahan, tetapi mampu mengembangkan kreativitas dan memecahkan permasalahan.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.?

Jawaban : Jika Saya saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi. Posisi Saya sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10 adalah saya masih berada di posisi 6, karena saya belum berpengalaman melakukan kegiatan supervisi. Saya masih memerlukan bimbingan dan arahan agar dapat melakukan supervisi dengan baik.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Jawaban : memahami teknik supervisi yang baik pengetahuan mendalam terkait supervisi bimbingan dan arahan dari kepala sekolah.

 

Harapan reflektif saya adalah :

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Jawaban : Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini adalah saya mampu memahami seluruh materi yang ada di modul 2.3 ini sehingga saya mampu melaksanakan praktik coaching dengan baik. Saya juga berharap dapat melakukan praktik mentoring, konseling, dan fasilitasi di sekolah. Hal ini akan menguatkan peran saya sebagai pemimpin pembelajaran.

2.   Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

     Jawaban : Kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah : Materi yang saya harapkan yaitu modul yang berisi tentang pengetahuan dan pengalaman yang menggambarkan praktik coaching Manfaat yang saya harapkan yaitu modul ini membantu saya memerankan diri sebagai coach bagi murid atau rekan guru. Kegiatan yang saya harapkan di modul ini yaitu praktik kolaborasi coacing supervisi akademik

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

MULAI DARI DIRI CPP A 11 PERTEMUAN KE 8

    1.     Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar ru...