Tuesday, December 6, 2022

COACHING ALUR TIRTA

 

 KASUS 1

 

CGP NESIA FRANSISKA JUNIARTI (COACHEE)

CGP HENGKI PURBAH (COACH)

saya memperhatikan siswa dikelas saya Kelas 1 SD pada saat pembelajaran MEMBACA kurang bersemangat dalam proses pembelajaran yang saya sampaikan, bagaimana anda menyikapi hal ini ?

 

SKENARIO

Nesia (coachee)

Assalammualaikum bapak hengki, terimakasih sudah

meluangkan waktu untuk saya?

Hengki (coach )

waaaliakum salam bu nesia,iya sama-sama,kalau  boleh tau ada apa ya?

Nesia (coachee)

terimakasih pak, begini ada sesuatu yang mau saya diskusikan sama bapak ,apa bapak bersedia ?

Hengki(coach )

Iya dengan senang hati!

Nesia(coachee)

iya pak sebenarnya sudah lama saya ingin bercerita tapi saya bingung,  tidak tau mau  bercerita sama siapa?

Hengki(coach )

oh begitu,tidak apa-apa kamu cerita saja sama saya, saya siap mendengarkan ,ayo apa yang mau kamu ceritakan semoga saya  bisa membantu apa yang sedang menjadi masalah yang sedang kamu hadapi  dan apa yang kamu harapkan dari diskusi kita hari ini?

POIN TUJUAN

 

Nesia (coachee)

Iya pak, saya mengharapkan ada solusi dari masalah yang sedang saya hadapi pak! saya melihat dan merasakan siswa dikelas saya kurang bersemangat pada saat jam pelajaran membaca.

Hengki(coach )

Iya , insha allah saya akan membantu semaksimal mungkin terhadap masalah yang sedang kamu hadapi. ada keinginan lain selain itu nesia?

Nesia (coachee)

ada pak , selaian itu saya ingin mengetahui apakah tindakan  saya salah atau kurang tepat,padahal saya sudah merasa semaksimal mungkin  dalam pembelajaran MEMBACA di kelas saya

Hengki(coach )

Oh. tidak ada yang salah tidak apa-apa kamu tidak salah , sekarang ceritakan perasaan yang kamu rasakan saat ini  dan  ceritakan hambatan apa saja yang kamu alami dalam proses pembelajaran?

IDENTIFIKASI

Nesia (coachee)

saya merasa tidak tuntas pak pada saat saya mengarjakan membaca siswa dikelas saya, karena mereka tampak tidak bersemangat bahkan tidak memperhatikan apa yang saya sampaikan  meskipun saya merasa sudah mengajarkan membaca semaksimal mungkin.

Hengki(coach )

oh begitu ...mengapa kamu berfikir demikian dan hal apa yang membuat kamu merasa tidak tuntas dengan proses pembelajaran membaca dikelasmu

Nesia (coachee)

jadi begini pak ...saya itu merasa tidak nyaman karena siswa dikelas saya ini tidak sesuai  dengan yang saya harapkan sehingga membuat saya  bingung harus bagaimana dan  langkah seperti apa yang terbaik untuk hal ini

Hengki(coach )

oh begitu ...memangnya ada apa dengan siswa yang ada dikelasmu?           

Nesia (coachee)

dikelas saya , saya tidak melihat siswa yang  bersemangat atau gembira pada saat proses pembelajaran membaca , mereka selallu sibuk sendiri tidak pernah serius pada proses pembelajaran                                

Hengki(coach )

bisa ceritakan bagaimana itu bisa terjadi bu nesia ?

Nesia (coachee)

iya  pak, jadi ketika saya menjelaskan pembelajaran membaca mereka tidak mau memperhatikan mereka Cuma ngobrol, bermain, dan sibuk sendiri padahal saya sudah berusaha menjelakan

Hengki(coach )

oh...begitu , memangnya bu nesia menginginkan pembelajaran yang seperti apa untuk pembelajaran membaca?

RENCANA AKSI

Nesia (coachee)

begini pak saya menginginkan siswa senang dan fokus serta bersemangat untuk pembelajaran membaca dan memperhatikan ketika saya menjelaskan?

Hengki(coach )

terus apa yang akan bu nesia lakukan untuk hal yang demikian, komitmen apa yang akan ibu lakakuan, 

Nesia (coachee)

iya pak , tentunya saya akan berkotmitmen untuk mengunnakan metode-metode pembelajaran yang menarik serta menggunakan gambar-gambar karena saya lihat siswa lebih tertarik membaca ketika saya menampilkan gambar-gambar siswa lebih memperhatikan dan lebih fokus.

Hengki(coach )

menurut ibu, supaya semuanya bersemangat dan fokus apa langkah  pertama akan ibu lakukan?

Nesia (coachee)

mungkin  yang pertama saya akan mempersiapkan gambar-gambar yang menarik terlebih dahulu kemudian saya jelaskan dengan metode yang menarik dan menyenangkan

Hengki(coach )

oh iya nesia ide kamu sudah sangan luarbiasa,?kamu tinggal menerapkannya saja, dan kapan  ibu akan lakukan?

Nesia (coachee)

iya pak , secepat mungkin, besok saya akan mencoba memulai menerapkanya.

Hengki(coach )

selain itu yang kamu sebutkan tadi apa ada cara lain lagi ?supaya siswa lebih bersemangat?

Nesia (coachee)

mungkin dengan mengkondisikan fokus siswa terlebih dahulu sebelum saya menjelaskan pembelajaran melalui tekhnik STOP.

Hengki(coach )

na itu bagus sekali bu nesia, ternyata ibu sedah mampu mengatasi masalah ibu sendiri

TANGGUNG JAWAB

Nesia (coachee)

iya pak , nanti saya ingin semua siswa bersemanagat dan terlibat aktif pada saat proses pembelajaran dan semua siswa harus bisa membaca

Hengki(coach )

Na... Sangat baik itu untuk kamu lakukan , saya yakin setelah ini kamu bisa lebih baik lagi dan banyak perubahan dari diri kamu dalam mengajarkan siswa dikelas kamu membaca.

Nesia (coachee)

Aamiin ..terimakasih atas dukungannya pak , saya akan selalu berusaha untuk lebih baik lagi kedepannya.

Hengki(coach )

keren sekali, sangat super sekali bu nesia ini baiklah sekarang permasalahannya sudah jelas, sekarang saya akan kembali masuk kelas.

Nesia (coachee)

iya pak, sekali lagi terimakasih bapak sudah mau mendengarkan cerita dan permasalahan saya.

Hengki(coach )

Iya sama-sama bu nesia

Hengki(coach )

Saya pamit ,assalammualaikum

Nesia (coachee)

Baiklah pak, Waalaikum salam

 

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA CGP ANGKATAN 11

  LAPORAN LOKAKARYA 4     PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN X I KOTA PAGAR ALAM            ...