ANGKATAN 6
Mulai Dari Diri-Pembelajaran
Sosial dan Emosional MODUL
2.2
- Apa kejadiannya, kapan, di
mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan
peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?
Jawaban : Saya merasakan emosi positif seperti senang, optimis, dan bahagia ketika
siswa menunjukkan respons positif terhadap pembelajaran yang saya laksanakan di
kelas
dan saya menyetuh hati siswa dengan renungan suci. Peristiwa ini terjadi pada bulan oktober 2022, ketika pembelajaran akan berakhir saya
memberikan renungan suci kepada seluruh siswa supaya mereka bisa bersemangat
dalambelajar dan mengingat orang – orang yang berjasa di dekatnya. Peristiwa ini penting karena siswa merasakan
dampak positif, yaitu lebih bersemangat untuk mengikuti setiap
pembelajaran dan bisa
menghargai orang-orang yang berjasa didekatnya.
- Bagaimana Anda menghadapi
krisis tersebut (coping)? Bagaimana Anda dapat bangkit
kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari krisis
tersebut?
Jawaban : Saya memahami, menghayati dan
mengelola emosi diri demi mencapai tujuan positif pada siswa, setelah itu saya
memahami sudut pandang siswa dan berempati karena mereka memiliki latar
belakang, kebiasaan dan polapikir yang berveda.
c.
Gambarkan diri Anda setelah melewati krisis tersebut.
a. Apa hal
terpenting yang telah Anda pelajari dari krisis tersebut?
b. Bagaimana dampak
pengelolaan krisis tersebut terhadap diri Anda dalam menjalankan peran
sebagai pendidik?
Jawaban :
a.
yang saya pelajari dari peristiwa
tersebut adalah cara kemampuan untuk memahami perasaan, emosi dan nilai – nilai
diri sendiri terus bagai mana pengaruhnya pada prilaku dalam berbagai situasi
dan konteks kehidupan
b. Peristiwa tersebut sangat berdampak
bagi saya sebagai pendidik, yaitu memberikan dorongan untuk terus berinovasi
dalam pembelajaran. Saya merasa tertantang untuk mengembangkan pembelajaran
agar tetap berdampak positif bagi siswa. Agar siswa
bisa lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment