Tuesday, November 15, 2022

Mulai Dari Diri-Pembelajaran Sosial dan Emosional MODUL 2.2

 PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK
ANGKATAN 6


Mulai Dari Diri-Pembelajaran Sosial dan Emosional MODUL 2.2

  1. Apa kejadiannya, kapan, di mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?

Jawaban :  Saya merasakan emosi positif seperti senang, optimis, dan bahagia ketika siswa menunjukkan respons positif terhadap pembelajaran yang saya laksanakan di kelas dan saya menyetuh hati siswa dengan renungan suci. Peristiwa ini terjadi pada bulan oktober 2022, ketika pembelajaran akan berakhir saya memberikan renungan suci kepada seluruh siswa supaya mereka bisa bersemangat dalambelajar dan mengingat orang – orang yang berjasa di dekatnya. Peristiwa ini penting karena siswa merasakan dampak positif, yaitu lebih bersemangat untuk mengikuti setiap pembelajaran dan bisa menghargai orang-orang yang berjasa didekatnya.

  1. Bagaimana Anda menghadapi krisis tersebut (coping)? Bagaimana  Anda dapat bangkit kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari krisis  tersebut?

Jawaban : Saya memahami, menghayati dan mengelola emosi diri demi mencapai tujuan positif pada siswa, setelah itu saya memahami sudut pandang siswa dan berempati karena mereka memiliki latar belakang, kebiasaan dan polapikir yang berveda.

c.    Gambarkan diri Anda setelah melewati krisis tersebut.

a.    Apa hal terpenting yang telah Anda pelajari dari krisis tersebut?

b.    Bagaimana dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap diri Anda dalam menjalankan peran sebagai pendidik?

 

Jawaban  :

a.    yang saya pelajari dari peristiwa tersebut adalah cara kemampuan untuk memahami perasaan, emosi dan nilai – nilai diri sendiri terus bagai mana pengaruhnya pada prilaku dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan

b.    Peristiwa tersebut sangat berdampak bagi saya sebagai pendidik, yaitu memberikan dorongan untuk terus berinovasi dalam pembelajaran. Saya merasa tertantang untuk mengembangkan pembelajaran agar tetap berdampak positif bagi siswa. Agar siswa bisa lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

MULAI DARI DIRI CPP A 11 PERTEMUAN KE 8

    1.     Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar ru...