Mulai Dari
Diri-Pembelajaran Sosial dan Emosional MODUL 2.2
1.
Apa
kejadiannya, kapan, di mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih
merefleksikan peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?
Jawaban : Saya merasakan emosi positif seperti senang, optimis, dan bahagia ketika
siswa menunjukkan respons positif terhadap pembelajaran yang saya laksanakan di
kelas
dan saya menyetuh hati siswa dengan renungan suci. Peristiwa ini terjadi pada bulan oktober 2022, ketika pembelajaran akan berakhir saya
memberikan renungan suci kepada seluruh siswa supaya mereka bisa bersemangat
dalambelajar dan mengingat orang – orang yang berjasa di dekatnya. Peristiwa ini penting karena siswa merasakan
dampak positif, yaitu lebih bersemangat untuk mengikuti setiap
pembelajaran dan bisa
menghargai orang-orang yang berjasa didekatnya.
2.
Bagaimana
Anda menghadapi krisis tersebut (coping)? Bagaimana Anda dapat
bangkit kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari
krisis tersebut?
Jawaban : Saya memahami,
menghayati dan mengelola emosi diri demi mencapai tujuan positif pada siswa, setelah
itu saya memahami sudut pandang siswa dan berempati karena mereka memiliki
latar belakang, kebiasaan dan polapikir yang berbeda.
3.
Gambarkan diri Anda setelah melewati krisis tersebut.
a.
Apa hal terpenting yang telah Anda pelajari dari
krisis tersebut?
b.
Bagaimana dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap
diri Anda dalam menjalankan peran sebagai pendidik?
Jawaban :
a. yang saya pelajari dari peristiwa tersebut adalah cara
kemampuan untuk memahami perasaan, emosi dan nilai – nilai diri sendiri terus
bagai mana pengaruhnya pada prilaku dalam berbagai situasi dan konteks
kehidupan
b.
Peristiwa tersebut sangat berdampak bagi saya sebagai
pendidik, yaitu memberikan dorongan untuk terus berinovasi dalam pembelajaran.
Saya merasa tertantang untuk mengembangkan pembelajaran agar tetap berdampak
positif bagi siswa. Agar siswa bisa lebih
bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.
4. Sebagai pendidik, Anda tentu pernah bertemu murid yang memiliki pemahaman
diri, ketangguhan, atau kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang
lain. Setujukah Anda bahwa faktor-faktor tersebut membantu ia menjalani proses
pembelajaran dengan lebih optimal di sekolah? Jelaskan jawaban Anda dengan
bukti atau contoh yang mendukung.
Jawaban :
Iya setuju karena sebuah kondisi individu
yang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, dapat
membuat keputusan dan mengatur tingkah lakunya sendiri,dapat memenuhi kebutuhan dirinya dengan
menciptakan dan mengelola lingkungan dengan baik, memiliki tujuan hidup dan
membuat hidup mereka lebih bermakna, serta berusaha mengeksplorasi dan
mengembangkan dirinya.
Jawaban :
1. Saya dapat
memahami, menghayati dan
mengelola emosi (kesadaran diri)
2. menetapkan dan mencapai tujuan positif
(manajemen diri)
3. merasakan dan menunjukkan empati kepada
orang lain (kesadaran sosial)
4. membangun dan mempertahankan hubungan
yang positif (keterampilan membangun relasi)
5. membuat keputusan yang bertanggung
jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)
6.
Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang
Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ? Silahkan kemukakan Harapan bagi diri sendiri ?
Jawaban :
Semoga saya bisa menerapkan pembelajaran
Pembelajaran Sosial dan
Emosional secara konsisten di kelas dalam setiap pembelajaran
7.
Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang
Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ? Silahkan kemukakan Harapan bagi murid-murid Anda ?
Jawaban :
- Siswa bisa memahami diri mereka dan orang lain
- Dapat mengatur tingkah laku mereka sendiri
- Memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka lebih
bermakna serta mampu berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya.
Terimakasih
CGP A6
No comments:
Post a Comment