Tuesday, November 15, 2022

Mulai Dari Diri-Pembelajaran Sosial dan Emosional MODUL 2.2

 

Mulai Dari Diri-Pembelajaran Sosial dan Emosional MODUL 2.2



1.    Apa kejadiannya, kapan, di mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?

Jawaban :  Saya merasakan emosi positif seperti senang, optimis, dan bahagia ketika siswa menunjukkan respons positif terhadap pembelajaran yang saya laksanakan di kelas dan saya menyetuh hati siswa dengan renungan suci. Peristiwa ini terjadi pada bulan oktober 2022, ketika pembelajaran akan berakhir saya memberikan renungan suci kepada seluruh siswa supaya mereka bisa bersemangat dalambelajar dan mengingat orang – orang yang berjasa di dekatnya. Peristiwa ini penting karena siswa merasakan dampak positif, yaitu lebih bersemangat untuk mengikuti setiap pembelajaran dan bisa menghargai orang-orang yang berjasa didekatnya.

2.    Bagaimana Anda menghadapi krisis tersebut (coping)? Bagaimana  Anda dapat bangkit kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari krisis  tersebut?

Jawaban : Saya memahami, menghayati dan mengelola emosi diri demi mencapai tujuan positif pada siswa, setelah itu saya memahami sudut pandang siswa dan berempati karena mereka memiliki latar belakang, kebiasaan dan polapikir yang berbeda.

3.    Gambarkan diri Anda setelah melewati krisis tersebut.

a.    Apa hal terpenting yang telah Anda pelajari dari krisis tersebut?

b.    Bagaimana dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap diri Anda dalam menjalankan peran sebagai pendidik?

 

Jawaban  :

a.    yang saya pelajari dari peristiwa tersebut adalah cara kemampuan untuk memahami perasaan, emosi dan nilai – nilai diri sendiri terus bagai mana pengaruhnya pada prilaku dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan

b.    Peristiwa tersebut sangat berdampak bagi saya sebagai pendidik, yaitu memberikan dorongan untuk terus berinovasi dalam pembelajaran. Saya merasa tertantang untuk mengembangkan pembelajaran agar tetap berdampak positif bagi siswa. Agar siswa bisa lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.

4.    Sebagai pendidik, Anda tentu pernah bertemu murid yang memiliki pemahaman diri, ketangguhan, atau kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain. Setujukah Anda bahwa faktor-faktor tersebut membantu ia menjalani proses pembelajaran dengan lebih optimal di sekolah? Jelaskan jawaban Anda dengan bukti atau contoh yang mendukung.

 

Jawaban :

Iya setuju karena sebuah kondisi individu yang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, dapat membuat keputusan dan mengatur tingkah lakunya sendiri,dapat memenuhi kebutuhan dirinya dengan menciptakan dan mengelola lingkungan dengan baik, memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka lebih bermakna, serta berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya.

 5.    Dari kedua refleksi di atas, apa yang dapat Bapak/Ibu simpulkan tentang hubungan antara kompetensi sosial dan emosional dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis Anda dan pembelajaran murid Anda?

Jawaban :

1.    Saya dapat memahami, menghayati dan mengelola emosi (kesadaran diri)

2.    menetapkan dan mencapai tujuan positif (manajemen diri)

3.    merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)

4.    membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi)

5.    membuat keputusan yang bertanggung jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

 

6.    Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ? Silahkan kemukakan  Harapan bagi diri sendiri ?

Jawaban :

Semoga saya bisa menerapkan pembelajaran Pembelajaran Sosial dan Emosional secara konsisten di kelas dalam setiap pembelajaran

7.    Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ? Silahkan kemukakan  Harapan bagi murid-murid Anda ?

Jawaban :

-       Siswa bisa memahami diri mereka dan orang lain

-       Dapat mengatur tingkah laku mereka sendiri

-       Memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka lebih bermakna serta mampu berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya.

 

Terimakasih

CGP A6

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

LAPORAN LOKAKARYA CGP ANGKATAN 11

  LAPORAN LOKAKARYA 4     PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN X I KOTA PAGAR ALAM            ...